Senin, 31 Oktober 2016

Tips-tips Buat para Anak Kost

          Tips Hemat Keuangan Ala Anak Kost

     
      Anak kost berusaha agar bisa mengatur uang agar bisa selalu mencukupi kebutuhan setiap hari sering kali menjadi hal yang tidak mudah. Apalagi jika mahasiswa yang sedang kost tersebut tidak mengerti bagaimana cara makan hemat anak kost. Makan sebagai kebutuhan utama untuk kehidupan sehari hari merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Seseorang pastinya tidak bisa hidup tanpa makan dan apabila seseorang tidak makan dengan sehat justru akan merugikan kesehatan yang nantinya akan mengakibatkan pengeluaran yang lebih banyak untuk biaya pengobatan. Sehingga mengetahui cara makan hemat anak kost yang benar akan sangat berguna dalam mengatur keuangan. 


Cara Hemat Makan ala Anak Kost


       Tinggal di kost bagi mahasiswa merupakan pengalaman yang paling tepat untuk belajar mengatur keuangan secara mandiri. Tinggal di kost di tempat yang jauh dari orang tua, akan mendorong para mahasiswa untuk mengatur keuangan mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari tanpa harus dimonitor oleh orang tua secara dekat. Untuk membantu mengatur keuangan bagi anak kost, berikut ini ada beberapa tips cara makan hemat anak kost yang bisa diterapkan dengan mudah.

Makan di warung yang sederhana
Ketika kamu baru saja menjadi anak kost, maka hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah mengenali warung warung sederhana yang menjual makanan makanan dengan harga murah. Warung warung jenis ini biasanya banyak terdapat di kawasan dekat tempat tempat anak kost. Di warung warung sederhana ini, kamu biasanya akan dengan mudah mendapatkan makanan yang akan mengenyangkan namun tetap dalam harga yang murah. Menu yang ditawarkan juga beraneka ragam bergantung dengan jenis warung tersebut. Dari warung mie ayam yang sederhana, warung nasi padang, warung tegal atau warung burjo yang dapat dipilih untuk mengenyangkan perut terutama di hari hari akhir bulan ketika uang bulanan biasanya sudah hampir habis.

Membeli lauk
Cara lain yang bisa dilakukan untuk anak kost agar makan menjadi lebih murah adalah dengan hanya membeli lauk saja dari warung dan memasak nasi sendiri di kost. Membeli lauk saja dan memasak nasi di kost akan dapat menghemat uang yang cukup signifikan. Memasak nasi tentunya sangat mudah hanya perlu menggunakan rice cooker atau penanak nasi dan dengan membeli lauk saja yang murah tentunya akan membuat pengeluaran biaya makan menjadi lebih hemat. Harga nasi yang dijual di warung pastinya lebih mahal dibandingkan dengan harga nasi apabila memasak sendiri di kost.

Makan mie instan
Siapa yang tidak kenal mie instan? Makanan yang sudah sangat dikenal semua penduduk Indonesia ini memang makanan yang paling ideal untuk anak kost yang sedang dalam keadaan keuangan yang sulit. Makanan yang sangat murah dan sangat mudah dibuat ini telah banyak menyelamatkan jiwa jiwa anak kost yang kelaparan dan mulai kehabisan uang. Agar mie instan yang dikonsumsi lebih sehat, kamu bisa menambahkan sayuran atau telur. Selain lebih sehat, mie instan yang dikonsumsi juga lebih enak dengan tambahan bahan makanan tersebut.

Berkreasi Nasi
Ketika kondisi keuangan sedang sangat kepepet, maka anak kost bisa mencoba berkreasi dengan nasi. Memasak nasi sendiri dengan rice cooker dan mencoba menambahkan bumbu bumbu sederhana dapat menjadi alternatif cara makan hemat anak kost. Nasi yang dimasak dengan rice cooker dan diberi bumbu yang sederhana bisa menjadi nasi goreng atau nasi uduk atau nasi gurih yang enak untuk dimakan dan tentunya mengenyangkan.

Mengganti daging dengan tempe
Hidup di Indonesia merupakan hal yang menyenangkan karena kamu bisa menemukan sayuran dengan harga murah. Untuk lebih menghemat pengeluaran dalam makan, kamu bisa mengganti konsumsi protein yang semula dari konsumsi daging dengan makanan nabati seperti bahan makanan yang dibuat dari bahan kedelai, misalnya adalah tahu dan tempe. Tahu dan tempe memiliki harga yang relatif lebih mudah selain juga memberikan gizi yang baik yaitu protein nabati. Konsumsi protein nabati dari tahu dan tempe dapat membantu tubuh mendapatkan gizi protein yang baik selain juga menghemat uang dibandingkan apabila mengkonsumsi daging. Tahu dan tempe harganya sangat murah dan dapat dimasak menjadi berbagai makanan yang lezat. Tentunya akan lebih murah lagi apabila tahu dan tempe tersebut dimasak sendiri. Kamu bisa mencoba membuat tempe atau tahu goreng, tempe mendoan atau oseng tempe tahu dapat juga membuat tempe yang digoreng lalu diberikan bumbu steak atau bumbu saus spageti.

Jangan jajan yang tidak perlu
Ketika masih bersekolah dan tinggal di rumah orang tua, jajan sering menjadi hal yang wajar. Tentunya karena uang saku tidak perlu diatur juga untuk dibelanjakan untuk makan. Berbeda ketika menjadi anak kost. Kamu juga harus memikirkan hal hal lain yang diperlukan untuk mendukung kehidupan kamu sehari hari selain jajan, seperti misalnya bensin apabila kamu membawa kendaraan, peralatan mandi, pulsa, peralatan untuk belajar, buku dan sebagainya. Sehingga ada baiknya jika kamu menghindari untuk mengkonsumsi jajan yang tidak perlu. Kamu boleh saja membeli jajan sekali sekali misalnya ketika akhir minggu atau ketika kamu ingin merayakan hal yang spesial. Hindari juga untuk jajan di café, karena biasanya café akan menjual makanan atau minuman dengan harga yang lumayan mahal. Alternatifnya kamu bisa mencoba mencari minuman instan dan membuat sendiri di kost. Lebih murah.

Minum yang baik
Cara mengatur minuman juga termasuk dalam cara makan hemat anak kost. Minuman yang kamu konsumsi setiap hari juga mempengaruhi keadaan finansial kamu secara keseluruhan. Bagaimana cara minum yang baik? Cobalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih sangat murah terutama jika kamu hidup di daerah air yang bersih, kamu bisa memasak air kamu sendiri. Namun apabila kamu hidup di kota besar, akan lebih baik jika mengkonsumsi air mineral. Jika kamu harus mengkonsumsi air mineral, maka pilihlah merek air mineral yang murah tetapi berkualitas baik agar kamu tetap sehat dengan tetap menghemat uang. Mengkonsumsi air putih juga akan lebih murah apabila dibandingkan kamu mengkonsumsi teh atau kopi. Ketika kamu mengkonsumsi kopi atau teh kamu juga akan menghabiskan uang kamu untuk membeli teh dan kopi tersebut disamping untuk air.

Demikian Cara Hemat Makan ala Anak Kost dalam kehidupannya sehari-hari. Sukses!

NEVER GIVE UP!!!!
 NSL

Artikel ini diambil dari : http://www.caramakan.net/2015/06/cara-hemat-makan-ala-anak-kost.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar